Minggu, 15 November 2009

ARTI PENTINGNYA ORGANISASI DAN METODE ( TUGAS I )

,
  1. Organisasi dapat diartikan sebagai wadah dan sebagai proses. Jelaskan dengan singkat !
    - organisasi merupakan wadah untuk sekelompok manusia untuk bekerjasama
    - organisasi pengelompokkan manusia dalam suatu kerjasama yang efisien .
  2. Apa yang dimaksud dengan pimpinan dalam pengertian universal ?
    - Seseorang yang memiliki kemampuan dalam mengatur/mengorganisir semua lini kehidupan perusahaan untuk mencapai tujuan yang menggunakan prinsip Planning, Organizing, Controlling, Directing dan Evaluating.
  3. Jelaskan mengapa market dan methods tidak dimasukkan kedalam sumber-sumber manajemen ?
    - Karena method itu bukan sebuah sumber manajemen melainkan sebuah tata kerja dalam sebuah pekerjaan. sama dengan Market, bukan termasuk kategori sumber manajemen tapi merupakan tempat dimana mereka memasarkan produknya.
  4. Apa yang dimaksud dengan material dalam arti fisik ? Bagaimana kalau dalam arti non fisik ?
    - Material dalam arti fisik : sesuatu yang dapat dilihat dan diRasakan/dipegang. Biasanya berupa barang .
    contoh : UAng , Buku , handphone, dsb.

    - Material dalam arti non fisik : yakni yang tidak dapat dilihat . Biasanya berbentuk jasa.
    contoh : Jasa Angkutan umum, pelayanan dari suatu instansi kepada masyarakat, dsb.
  5. Mengapa uang dapat dijadikan motivasi dalam kerja?
    - Karena uang merupakan salah satu unsur yang bisa menunjang kehidupan, dan juga sebagai peningkatan taraf hidup manusia itu sendiri. Orang bekerja untuk mendapatkan uang, maka uang bisa dikatakan kebutuhan primer bagi seseorang.
  6. Apa pengertian efisiensi ?
    - Efisiensi = melakukan tugas dengan benar/tepat, sehingga menghemat waktu, tenaga, dll. Bila tidak melakukan tugas dengan benar dan sesuai prosedur yang ada , maka pekerjaan tersebut tidak efisien karena hasilnya akan jauh dari sasaran.
  7. Bagaimana cara meningkatkan efisiensi kerja?
    - Efisiensi kerja dapat dilakukan dengan memberi fasilitas yang cukup untuk pekerja, memberi tunjangan pada pekerja, mengebangkan kemampuan pegawai dengan mengadakan pelatihan yang berkaitan dengan kinerja perusahaan.
  8. Jelaskan ruang lingkup orgaanisasi dan metode !

    - maksud organisasi dan metode ialah pelayanan terhadap manajer dan administrasi yang berusaha memajukan pekerjaan mereka atau tata kerja yang dipergunakan dalam rangka pencapaian efisiensi yang maksimal pada organisasi.

    - Kegiatan - kegiatan yang termasuk dalam Organisasi dan Metode adalah sebagai berikut :

    1. Analisis organisasi.
    2. Komunikasi dalam orrganisai
    3. Tentang tenaga kerja, prosedur kerja dan system kerja.
    4. Pentingnya filing dari segi Organisasi dan Metode
    5. Pentingnya jangka waktu penyimpanan data dan dokumen
    6. Pentingnya formulir dari segi Organisasi dan Metode
    7. Pendayagunaan mesin kantor
    8. Pendayagunaan perabotan dan peralatan kantor
    9. Pentingnya penulisan laporan
    10. Pentingnya buku pedoman kerja
    11. Pentingnya anggaran belanja
    12. Analisis kepegawaian
    13. Pentingnya penyederhanaan kerja
    14. Orgaisasi unit
    15. Kesimpulan akhir
  9. Mengapa pada ukuran efisiensi wewenang harus seimbang dengan tanggung jawab yang dibebankan ?
    - Karena setiap perusahaan memiliki target yang harus dicapai, maka dibuatlah pembagian kerja. Dan setiap orang memiliki kemampuan berbeda-beda. maka, antara tanggung jawab dan wewenang harus seimbang, sehingga tidak keluar dari tanggung jawab yang diberikan, agar tidak ada yang menyalahgunakan wewenang. karena seseorang harus bersikap profesional.

0 komentar to “ARTI PENTINGNYA ORGANISASI DAN METODE ( TUGAS I )”

Posting Komentar

BUSINNES

Popular posts

 

ROOM creativitas Copyright © 2011 -- Template created by Bhecek Teknologi -- Powered by Teknologi Informasi