Rabu, 10 Februari 2010

Pengertian CentOS

,

CentOS adalah sistem operasi bebas yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Proyek ini berusaha untuk 100% binari kompatibel dengan produk hulunya (RHEL). Arsip perangkat lunak tambahan menyediakan versi terbaru paket-paketnya, berbasis paket RPM. CentOS singkatan dari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan buatan Komunitas/Masyarakat) yang merupakan proyek independen yang bertujuan untuk menyediakan distribusi GNU/Linux yang stabil untuk institusi dan perseorangan yang tidak sangat memerlukan support untuk menjalankan sistem yang mereka miliki.

CentOS memiliki beberapa keunggulan antara lain adalah :
  • mudah dipelihara
  • distribusi yang mandiri, maksudnya adalah distribusi ini bisa dikembangkan tanpa bantuan yang lainnya dalam proses pembangunannya
  • sangat cocok untuk penggunaan jangka panjang, terutama untuk lingkungan produksi bukan eksperimental dan lainnya
  • mudah digunakan bagi pemelihara paket software dan para pengguna
  • support jangka panjang dari para developernya
  • pengembangan yang aktif
  • infrastruktur berbasis komunitas
  • management yang terbuka
  • model bisnis yang terbuka
  • dukungan komersial, diberikan oleh vendor-vendor partner

           Distribusi CentOS berasal dari kode sumber yang sama dengan distribusi RedHat Enterprise yang sudah sangat mendominasi pasar pengguna sistem operasi GNU/Linux.

Karena CenOS ingin 100% binary kompatibel dengan distribusi asalnya, maka sebisa mungkin akan menggunakan kode sumber asli bila memungkinkan. Dalam kondisi normal tidak akan ada tambahan patch terhadap paket-paket yang didapat dari distribusi asalnya. Perubahan paling mendasar akan dibuat agar sesuai dengan kebijakan pembuat distribusi asal berkaitan dengan merek dagang nama dan logo. Perubahan lain-lain akan selalu dijelaskan dalam Release Notes untuk masing-masing produk CentOS.

          Project CentOS tidak ada hubungan dengan RedHat. Persamaannya adalah distribusi GNU/Linux yang diedarkan kedua entitas ini menggunakan paket kode sumber yang sama.

FASA Systems, penyedia solusi sistem berbasis open source yang sudah lebih dari 7 tahun menggunakan distribusi RedHat maupun turunannya, mulai awal tahun 2008 telah menggunakan CentOS —selain Debian—sebagai distribusi standard untuk para kliennya.

0 komentar to “Pengertian CentOS”

Posting Komentar

BUSINNES

Popular posts

 

ROOM creativitas Copyright © 2011 -- Template created by Bhecek Teknologi -- Powered by Teknologi Informasi