Jumat, 19 Februari 2010

Linux CentOS Versi 5.2 i386 LiveCD

,

Anda Pengguna Linux..? Terbiasa dengan Linux LiveCD..? Bersiaplah menikmati satu layanan terbaru dari CentOS, dimana Patrice Guay mengumumkan bahwa tim pengembang dari CentOS Development Team kemaren telah meluncurkan versi terbaru dari distro CentOS dengan versi 5.2 i386. Adapun peluncuran dari CentOS terbaru ini didistribusikan untuk versi liveCD namun walaupun berbentuk liveCD, distro ini dapat digunakan sebagai salah satu pilihan apabila pengguna ingin melakukan netinstall untuk Network Install pada jaringan penggunanya

Kita dapat menggunakan CentOS 5.2 LiveCD sebagai workstation kita, di mana di dalam paket yang disertakan terdapat berbagai macam aplikasi yang dapat kita gunakan antara lain OpenOffice.org 2.3.0, Firefox 3.0, Pidgin 2.3.1, Scribus 1.3.3.2, K3b 0.12.17, Gimp 2.2.13 dan masih banyak lagi.

LiveCD dari versi CentOS ini dapat digunakan sebagai rescue CD dengan aplikasi di dalamnya yaitu antara lain :

  • memtest86 +-1.65
  • kelengkapan struktur dari LVM dan aplikasi RAID command line applications
  • OTParted
  • Nmap dan NmapFE
  • Traceroute
  • Samba-3.0.28 dengan cifs kernel dimana terdapat dukungan untuk koneksi ke Windows Shares
  • System Log Viewer
  • GUI Hardware Device Manager

Namun terdapat beberapa masalah yang ada dalam versi LiveCD, termasuk fakta mengenai tidak bisa melakukan boot secara berhasil apabila menggunakan SATA CD-Room drive, dan kita akan diberikan beberapa pesan eror yang harus kita ignore seperti :

memory for crash kernel (0x0 to 0x0) not within permissible range udevd[xxx]: add_to rules: unknown key 'ATTRS{media}'

Mengenai CentOS

CentOS memiliki dukungan yang sama arsitekturnya dengan leluhurnya yaitu Red Hat Enterprise Linux, dimana CentOS ini dapat berjalan pada platform antara lain : Intel x86- (32-bit), Intel IA-64 (Itanium 64-bit), x86-64 (64-bit, AMD's AMD64 and Intel's Intel 64), PowerPC/32 (Apple Macintosh PowerMac running the G3 or G4 PowerPC processor) ("beta" support), IBM Mainframe (eServer zSeries and S/390). Adapun terdapat 2 jenis platform yang tidak dapat menjalankan CentOS yaitu platform yaitu Alpha and SPARC ("beta" support).

Penulis : Willmen TB Panjaitan
FTI - Universitas Atma Jaya

0 komentar to “Linux CentOS Versi 5.2 i386 LiveCD”

Posting Komentar

BUSINNES

Popular posts

 

ROOM creativitas Copyright © 2011 -- Template created by Bhecek Teknologi -- Powered by Teknologi Informasi